google72d63e73ed221bf9.html

17/05/12

Jurusan Terfavorit

Jurusan Terfavorit


nah ini adalah potingan terakhir sebelum detik" paket modem saya habis. potingan ini kembali menuju ke bidang pendidikan diutamakan untuk adik-adik SMA yang akan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi karna postingan ini membahas tentang jurusan yang paling diminati dari tahun ke tahun oleh para calon mahasiswa. ada beberapa jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa dan jurusan dan Fakultas tersebut adalah :


1. Akuntansi

Akuntansi adalah adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.


Sedangkan, Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.



nah ini lah sebabnya mengapa calon mahasiswi sangat memfavoritkan jurusan ini karena wanita merupakan manusia yang sangat teliti ketimbang pria.


2. Kedokteran

kalo kedokteran sudah pasti menjadi favorit tapi butuh biaya yang nggak sedikit nih, walaupun mahal ternyata masih banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan in, ternyata alasannya begitu mudah, seorang dokter sudah terpakai jasanya walau hanya dokter umum dan mereka ttap bisa bekerja walaupun tidak di rumah sakit atau di puskesmas tetapi mereka juga tetap bisa buka praktek dirumah mereka sendiri :p.


3.Fakultas Teknik

Jika akuntansi lebih banyak diminati oleh wanita maka fakultas Teknik merupakan Fakultas yang banyak diminati oleh kaum adam. karna diteknik lebih banyak jurusan yang dominan ke pria seperti, teknik sipil dan teknik mesin.


Secara Umum Fakultas TEKNIK merupakan Fakultas yang unggul secara regional maupun nasional dalam proses kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta serta memiliki moral, dan islami serta integritas keilmuan yang berkompeten dibidang Iptek serta Sistem dan mekanisme yang diterapkan di Fakultas Teknik yairu sistim kebersamaan, sesuai dengan Kaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan peraturan Pemerintah lainnya serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi. 


4. MANAJEMEN

Kata manajemen bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen intinya adalah demi efektifitas dan efisiensi. Jurusan manajemen sangat fleksibel, dan bisa masuk di perusahaan manapun. Karena apapun industri perusahaan itu, semuanya tetap membutuhkan lulusan manajemen. Yang dipelajari mulai dari etika berbicara dengan orang, sampai materi2 yang berhubungan dengan akuntansi, ekonomi Indonesia, sumber daya manusia, pemasaran, sampai statistik
Nanti di akhir ada konsentrasinya, secara umum biasanya terbagi dalam 3 konsentrasi, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM
keuangan full itungan & teori semi njelimet, pemasaran dikit teori banyak praktek, SDM tengah2 karena di dunia kerja ntar SDM tugasnya cukup dinamis serta banyak berkutat di

• departemen training & development
• career improvement
• payroll / penggajian
• recruitment
• evaluation
• sales
• product development
• customer service
• marketing

5.Psikologi
Bahasan yang diteliti yaitu prilaku manusia. Ilmu Psikologi mengamati tingkah laku manusia dan meneliti latar belakang yang menyebabkan munculnya tingkah laku tersebut.
Hal-hal kecil yang kamu anggap remeh itu ada maksudnya lo, misal kamu nggambar pohon, pohonnya miring ke kanan, miring ke kiri, ada buahnya, tidak ada buah, batang gede, akar diatas, pohonnya keluar naga dan elangnya (kaya Indosiar aja ) semua ada maksudnya, dan psikologi salah satunya mempelajari itu.

sedangkan perbedaan psikolog dengan sarjana psikologi adalah Sarjana psikologi adalah orang yang berhasil menamatkan pendidikan di fakultas psikologi. Untuk menjadi ‘psikolog’, dia butuh minimal 2 tahun lagi untuk menyelesaikan pendidikan profesi plus tentunya beberapa puluh juta untuk ongkos kuliah. Orang yang udah menamatkan pendidikan profesi dianggap memenuhi kualifikasi untuk melakukan kegiatan psikodiagnostik (psikotes dan sejenisnya).
kalo udah lulus jadi psikolog, belum boleh langsung buka praktek, harus dia punya SRIP (Surat Rekomendasi Ijin Praktek) dulu. Untuk bisa dapet SRIP, seorang psikolog harus lulus tes khusus dan punya NPWP.

6.Hukum
Pilihan untuk menempuh pendidikan di bidang hukum ini didasari oleh banyak hal. Salah satunya, lulusan fakultas hukum akan memiliki banyak pilihan lapangan pekerjaan. Baik di sektor pemerintahan, swasta maupun jika mereka ingin mandiri tanpa harus bekerja pada sebuah instansi. Inilah yang kemudian menjadi daya tarik seseorang saat harus memilih jurusan di jenjang perguruan tinggi.

Hal ini terkait dengan materi yang diajarkan pada mahasiswa fakultas hukum, yang tidak hanya berbicara mengenai masalah hukum dari sudut pandang pidana semata. Namun, secara umum hukum yang diajarkan lebih dari itu. Di dalam materi ajarnya, di fakultas hukum mahasiswa bisa belajar mengenai hukum pidana, hukum perdata, hukum internasional, hukum ekonomi maupun hukum ketatanegaraan.

Mereka yang sudah selesai menempuh pendidikan di fakultas hukum sebuah universitas, bisa memilih pekerjaan sesuai dengan yang mereka inginkan. Bagi yang ingin terjun ke dunia hukum praktis, bisa memilih pekerjaan sebagai jaksa, hakim atau juga pengacara. Sementara bagi mereka yang ingin masuk ke dunia bisnis, bisa menjadi seorang ahli hukum perusahaan yang bersangkutan seperti mengurusi masalah perjanjian antar lembaga.

Di sisi lain, mereka yang ingin mandiri pun bisa memilih menjadi seorang notaris. Di mana untuk menjadi seorang notaris, bisa ditempuh setelah menyelesaikan pendidikan khusus kenotariatan (S2 Kenotarisan) setelah meraih gelar sarjana hukumnya.
banyak yang berpikir masuk hukum itu ngapalin pasal terus nggak ? nah masuk fakultas hukum itu yang paling penting bukan menghapal pasal, memang untuk beberapa mata kuliah ada yang kita harus menghapal. tapi yang paling penting di fakultas hukum adalah kita diajari cara berpikir dengan logika yang benar dan tepat. logika yang benar dan tepat ini kemudian sangat diperlukan untuk mengimplementasikan hukum /perundang –undangan.

7. Komunikasi
Secara umum, ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mentransfer ide dari satu individu ataupun grup ke individu dan grup yang lain. Proses transfer itu sendiri bisa melalui media tertulis, lisan, maupun media-media yang lain. Dengan semakin majunya taraf kehidupan manusia, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik mutlak dibutuhkan dalam segala bidang. Hampir tidak ada aspek kehidupan yang bisa lepas dari komunikasi, mulai dari bisnis sampai organisasi semuanya memerlukan komunikasi yang efektif agar tercapai tujuan yang telah dicita-citakan.

Ilmu komunikasi itu sendiri secara umum terbagi lagi menjadi 3:
- penyiaran (broadcasting): lebih banyak ke penyiaran contohnya kaya berita televisi dan radio, announcing, manjemen penyiaran, dasar2 jurnalistik dll.
- periklanan (advertising): desain2 hal yang menarik yang mengandung makna yang akan disampaikan, ide2 untuk iklan,dll.
- hubungan masyarakat (public relation): melakukan hubungan dengan pihak luar perusahaan,pembuatan segala macam yang dapat dijadikan pemberitaan untuk media massa yang sumber berita dari perusahaan kita,hubungan dengan media.

8.Teknologi Informasi 
nah Teknik Informatika biasanya masuk FakultasTeknologi Informasi atau Fakultas Ilmu Komputer, yang biasanya isinya adalah prodi Teknik Informatika , Sistem Informasi, dan atau Ilmu Komputer. Teknologi lebih mempelajari secara umum daripada harus mempelajari salah satu nya saja. teknologi informasi mampu mengembangkan generasi yang dapat mengembangkan keahlian dibidang software, aplikasi dan ilmu komputer. :)

nah itu saja informasi yang saya berikanterimakasih kaka, bapa mama semua :) yangtelah mendukung atas tergelarnya postingan ini haaahh ngacok :) bagi calon mahasiswa bukan hanya jurusan yang baik jika ingin sukses dimasa depan melainkan kita memiliki beberapa faktor untuk mendukung kesuksesan tersebut diantaranya :
-Minat Studi
-Kemampuan Finansial
-Lokasi kampus (ini berhubungan dengan finansial kalo banyak luar negeri juga boleh atau sekalian privat aja ).
-memilih kampus yang telah jelas reputasinya jangan yang namanya aneh"lah.
-kampus memiliki fasilitas yang memadai sehingga proses perkuliahan aman lancar.

semoga brmanfaat :)




1 komentar:

Ping your blog Ping site Hyper Smash